Monday , 24 November 2014
Bursa Property
You are here: Home » Tanah » JUAL: Lahan Sawit Siap Panen

JUAL: Lahan Sawit Siap Panen

Misi gan numpang jualan lahan sawit.. soalnye sodara ane yang petani di kampung minta tolong ane jualin lahan sawit beliau dan kawan-kawannye, harga dibuka Rp.30 juta/hektar ya gan,, bisa nego asal jangan afgan xD

untuk lebih jelas soal lahannya baca info-info lengkap yang disusun serius ini, cekidot gan :iloveindonesia

PS: klo minat bisa hubungi dewi di 0817 6262 56 gan :malu

awal cerita penjualan

Spoiler for awal cerita penjualan:

Dijual : Lahan Sawit seluas 9*1 hektar
Harga Pembukaan : Rp. 30 Juta
Lokasi : Desa Arus Deras, Kecamatan Teluk Pakedai
Kabupaten Kubu Raya – Kalimantan Barat, Indonesia

Sekitar 2 minggu lalu sebanyak 9 orang petani di Desa Arus Deras menghubungi kami menyampaikan kehendaknya untuk menjual tanah hak milik mereka yang telah ditanami pohon kelapa sawit (jenis bibit Marihat) sejak 2008 lalu, untuk itu kami diminta untuk menjadi pihak penengah yang memasarkan lahan sawit tersebut.

Mayoritas pemilik lahan ini merupakan petani yang memiliki tanah olahan lain (selain yang ingin dijual ini) yang ditanami sayur-sayuran, jagung, dan tanaman-tanaman dengan jangka waktu tanam yang pendek dan perputaran uangnya pun lebih cepat. Selain itu pemilik lahan sendiri juga mayoritas merupakan buruh panen kelapa sawit yang diupah (harian) oleh PT. MAR, sehingga penjualan lahan ini tidak akan membuat mereka kehilangan sumber pendapatan.

Adapun adanya kebutuhan mendesak terkait dengan kebutuhan sekolah anak-anak yang akan segera melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, maka tanah tersebut pun ingin dijual.

status hukum tanah

Spoiler for status hukum tanah:

Semua tanah yang dijual ini merupakan tanah pembagian dari pemerintah untuk masyarakat transmigran yang telah bersertifikat hak milik. Maka dari itu sejumlah 9 hektar tanah yang dijual ini terdiri dari 9 sertifikat yang masing-masing kurang lebih 1 ha per sertifikatnya.

Adapun semua lahan tersebut sudah merupakan bagian atau peserta dari pola kemitraan bagi hasil dengan PT. Mitra Aneka Rezeki. Skema bagi hasil adalah 70% untuk PT. MAR (investor) dan 30% untuk pemilik lahan. Pemilik lahan dalam praktek pembagian hasilnya difasilitasi oleh Koperasi Unit Desa Rezeki Sawit. Jadi, proses panen dan penjualan Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit akan dikelola PT. MAR, sehingga 30% dari hasil penjualan netto dari TBS tersebut merupakan pendapatan bersih dan pasif untuk pemilik lahan yang akan dibagikan oleh PT. MAR kepada KUD Rezeki Sawit, yang kemudian oleh KUD akan dibagian ke masing-masing pemilik lahan.

Status surat menyurat dan perjanjian adalah lengkap, kami memegang semua kopi sertifikat dan dokumen materi sosialisasi pola kemitraan antara PT. MAR dan KUD Rezeki Sawit. Hasil scan atau copy dari dokumen tersebut dapat kami perlihatkan secara langsung (kopi darat).

Sistem Bagi Hasil

Spoiler for Sistem Bagi Hasil:

PT. MAR menghitung penjualan netto untuk setiap blok tanaman yang masing-masing seluas 30 hektar. Oleh karena itu walaupun lahan yang dimiliki misalnya belum memasuki masa panen (yang umumnya dimulai pada bulan ke-49), lahan tersebut tetap akan menerima jatah bagi hasil selama di dalam blok tanaman tersebut sudah ada tanaman yang TBS-nya sudah memasuki masa panen.

Adapun yang dimaksud dengan penjualan netto adalah total penjualan (harga*total TBS) dikurangi biaya perawatan/ pemupukan, pemanenan, administrasi, transportasi dan bongkar muat, dan 30% dari bunga berjalan (sebagian dari investasi kebun sawit ini dibiayai oleh hutang, oleh karena itu akan ada bunga berjalan yang harus dibayar oleh PT. MAR per bulannya; adapun dalam perjanjian kemitraan, disepakati bahwa 30% dari bunga berjalan tersebut akan dibebankan kepada pemilik lahan hanya selama 8 tahun setelah tanaman berumur 49 bulan di lapangan, sementara masa panen sawit bisa sampai 25 tahun).

Adapun umur dari tanaman sawit di atas lahan yang dijual ini adalah rata-rata sekitar 2 – 3 tahun.

Kisaran Pendapatan dari lahan sawit

Spoiler for Kisaran Pendapatan dari lahan sawit:

Besarnya pendapatan akan tergantung dari banyaknya tanaman di dalam blok tanaman yang sudah siap panen. Untuk saat ini secara rata-rata lahan yang dijual ini menerima bagi hasil sebesar 100 – 400 ribu rupiah per hektar per bulannya. Adapun nominal tersebut tentunya akan meningkat sejalan dengan semakin banyaknya pohon sawit yang sudah di panen di dalam blok tersebut. Umur kedewasaan TBS juga mempengaruhi harga TBS/kg-nya, harga buah sawit baru lebih murah harganya. Setelah 3 tahun ke depan di mana semua pohon sawit di area ini sudah menghasilkan buah sawit dewasa (bukan buah sawit perdana), maka kisaran pendapatan per hektarnya dapat mencapai 750,000 ke atas (per hektar).

Mekanisme jual beli

Spoiler for Mekanisme jual beli:

Harga jual sudah termasuk seluruh biaya administrasi (utamanya biaya notaris untuk urusan balik nama sertifikat), transportasi, dan akomodasi transaksi karena transaksi harus dilakukan di Kabupaten Kubu Raya, Kalbar (sekitar 1.5 jam perjalanan dari ibu kota Pontianak). Tiket pesawat PP, hotel, dan biaya notaris sudah termasuk dalam harga di atas.

Adapun pembayaran DP minimal adalah sebesar 25% dari total transaksi yang disepakati dan sisanya diselesaikan pada saat transaksi di Kab. Kubu Raya (dapat secara tunai maupun transfer) :).

Seberapa menguntungkan investasi ini?

Spoiler for Seberapa menguntungkan investasi ini?:

Sebagai bentuk investasi yang menawarkan passive income maka pembelian lahan sawit ini dapat dibandingkan dengan deposito perbankan atau pembelian properti (rumah atau apartemen).

Standar bunga deposito saat ini adalah sekitar 5-7% per tahun, dengan demikian, jika Anda menanamkan sejumlah Rp. 30 juta di bank, maka pendapatan bunga per bulan adalah sekitar Rp.150,000; dan jika pendapatan bunga tersebut Anda ambil setiap bulannya, maka uang Anda akan tetap sebesar Rp. 30 juta selama masa investasi Anda di deposito tersebut (karena tidak terjadi sistem bunga berbunga). Sementara pada investasi ini, Anda membeli tanah yang nilainya selalu naik sejalan dengan waktu; jadi selain Anda menerima jatah bagi hasil dimulai dari sekitar Rp. 100,000 yang kemudian dapat meningkat hingga Rp.750,000/bulan (ambil saja rata-rata Rp.600,000/bulan; karena periode jatah bagi hasil kecil hanya pada 2-3 tahun pertama, selanjutnya akan didapatkan jatah bagi hasil maksimum karena pohon sawit sudah cukup dewasa), nilai tanah Anda itu sendiri tidak akan tetap bernilai Rp.30 juta, melainkan akan terus meningkat. Semakin lama jangka waktu investasi Anda, semakin besar peningkatan harga tanah itu sendiri (walau tentu semua akan tetap tergantung dengan kondisi pada saat transaksi, seperti yang kita ketahui, segala bentuk properti dapat bernilai jauh lebih murah dari harga wajar ketika properti tersebut ingin dijual secara cepat, alias Butuh Uang).

Jika kita bandingkan dengan properti, adakah apartemen atau rumah yang bisa disewakan dengan nilai bersih (setelah dikurangi biaya perawatan) Rp. 600,000/bulan yang harganya hanya Rp. 30 juta di Jakarta ini? Mungkin masih bisa didapatkan kalau di daerah, tapi siapa yang akan menjaga dan merawat properti kita tersebut? Berapa biayanya? Sementara di kasus lahan sawit ini sudah ada perusahaan yang akan mengurus lahan sampai (minimal) 25 tahun ke depan. Kita cukup tahu beres. Jadi, silakan pertimbangkan aja, ya, gan :cool:

Beberapa Gambar Lahan Sawit yang di jual

Desa Arus Deras ini terletak tidak terlalu jauh dari Desa Ambawang yang cukup terkenal di Kabupaten Kubu Raya atas keberadaan Gunung Ambawang-nya yang memiliki sumber mata air abadi yang bening dan menyegarkan. Latar belakang dari lahan sawit ini adalah Gunung Ambawang (sekitar 1-2 jam jarak tempuh dari lahan sawit di Desa Arus Deras ini).

Spoiler for Gambar Lahan Sawit yang di jual, masih kecil sawitnya gan :):

Spoiler for kondisi jalan di tengah bagian lahan sawit yang sudah mulai panen; yang ini pohonnya udah lebih gede, gan :):

kalau minat hubungi aja:

Spoiler for kontak:

Dewi di 0817 6262 56
silakan aja ya, gan :thumbup

Comments

comments

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>